Selasa, 01 November 2016

Tentang Microsoft Excel


Microsoft Excel adalah sebuah program dari Microsoft Office yang mempunyai fungsi pengolah data  berupa perhitungan atau grafik. 






Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya.
Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan Anda dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.



·         Kelebihan Ms Excel: 

  1. Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan. 
  2. Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. 
  3. Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih. 
  4. Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.



·         Kekurangan Ms Excel:

  1. Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
  2. Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
  3. Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.



Untuk mengoperasikan Excel sendiri terbilang gampang-gampang susah. Jika kita memang sudah tahu rumus dan logika perhitungan excel, maka dengan gampangnya menggunakan aplikasi ini. Sebaliknya jika kita belum paham maka kita tidak dapat menggunakannya secara optimal. Bahkan jika salah menggunakan rumus dapat berakibat kesalahan dalam membaca data. Maka dari itu pelajarilah rumus dan logika excel agar dapat mengoperasikan excel dengan baik dan optimal.



·         Komponen Microsoft Excel

Dalam Microsoft Excel terdapat beberapa bagian atau komponen, diantaranya yaitu :

1.    Row Heading, penunjuk lokasi baris dalam sebuah lembar kerja (worksheet) Excel

2.    Column Heading, penunjuk lokasi kolom dalam sebuah lembar kerja Excel

3.    Cell Pointer, penunjuk sel yang aktif

4.    Formula Bar, Tempat di mana rumus diketikkan untuk digunakan dalam sebuah lembar kerja Excel.

·         Fungsi Microsoft Excel

Microsoft Excel ini memiliki banyak fungsi dan kegunaan diantaranya yaitu :

1.    Untuk membuat laporan keuangan akuntansi.

2.    Untuk keperluan administrasi sebuah instansi.

3.    Untuk mengurutkan beragam data baik pengolah angka maupun kata.

4.    Untuk melakukan perhitungan otomatis dengan menggunakan rumus dan logika.

Sumber Asli : http://www.siswamaster.com/2015/11/pengertian-dan-fungsi-microsoft-excel.html#ixzz4OoWQZJpF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar